Abstrak

          Doni Setyawan. PERANAN TANAH BAON BAGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA MENGGER KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2004-2011, Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Januari 2012.

         Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keadaan sosial masyarakat di Desa Mengger Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. (2) mengetahui pengelolaan Tanah baon yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Mengger Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. (3) mengetahui dampak adanya Tanah Baon bagi masyarakat di Desa Mengger Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi.

        Bentuk penelitian ini deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara dalam meneliti suatu peristiwa pada masa sekarang dengan menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang tertentu atau perilaku yang dapat diamati dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam penelitian ini digunakan strategi studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak diantara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, yang berlangsung secara siklus.

        Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Desa Mengger Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi termasuk katagori desa hutan. Kondisi sosial masyarakat Mengger tergolong ke dalam transisi masyarakat dari tradisional menuju modern. Penduduk sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Petani di Desa Mengger termasuk petani yang kekurangan lahan pertanian. Agama yang dipeluk oleh masyarakat Mengger adalah Islam. Pendidikan penduduk di Desa Mengger masih sangat rendah, sebagian besar  lulusan sekolah dasar, bahkan ada yang tidak sekolah sama sekali. (2) Pengelolaan tanah baon yang dilakukan oleh Perum Perhutani yaitu penyediaan bibit tanaman pokok, yaitu jati, mahoni, sambi atau gembelina dan pengawasan terhadap pertumbuhan tanaman. Sedangkan pengelolaan tanah baon yang dilakukan oleh penduduk meliputi pembukaan lahan, pengolahan dan penanaman lahan, perawatan tanaman hingga pemanenan hasil pertanian yang berupa palawija. (3) Pengelolaaan tanah baon yang dilakukan oleh penduduk Mengger berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Hasil dari pengelolaan tanah baon dapat mencukupi kebutuhan sandang, pangan, papan dan rekreasi. Pengelolaan tanah baon juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, seperti  pembajak lahan, penanaman dan pemanenan hasil pertanian, pengojek hasil panen dan pemilik dos (alat pemisah biji jagung dengan tongkolnya).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s