3.    Sarana dan Prasarana

Sarana perhubungan mempunyai arti penting dalam suatu desa. Kelancaran tranportasi berarti pula kelancaran dalam kegiatan perekonomian desa terutama dalam pengangkutan hasil-hasil pertanian dan lain-lainnya. Tahun 2011 prasarana yang ada di Desa Mengger yaitu jalan beton, jalan dengan pengerasan kerikil tipikal jalan-jalan perkebunan dan sebagian sudah di aspal. Jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat seperti truk pengangkutan barang dan mobil milik pribadi. Jalan utama desa yang dapat dilalui kendaraan roda empat sepanjang tahun yaitu 7 km berupa jalan beton dan 7 km jalan aspal. Jalan yang menghubungkan Desa Mengger dengan Desa Gendingan melewati hutan dan menyebrangi Sungai Bengawan Solo mengalami kerusakan yang parah. Penyebab dari kerusakan adalah jenis tanah dan muatan yang terlalu berat yaitu truk-truk yang memuat hasil pertanian dan hutan, misalnya truk pengangkut kayu, tebu, jagung dan hasil pertanian lain.

Jalan yang menghubungkan antara Desa Mengger dengan Jalan Raya Solo-Madiun terbuat dari aspal  yang sudah rusak. Jarak jalan raya dengan Desa Mengger bagian terdekat (bagian selatan), membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan bagian Desa Mengger yang paling jauh membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jalan penghubung antar dukuh yang satu dengan yang lain harus melewati hutan-hutan dan tidak ada penerangan. Penduduk desa jarang keluar malam dengan jarak yang jauh. Pilihan lain adalah melewati sungai dengan menggunakan perahu yaitu di Dusun Payak dan Dusun Ngasbatok. Total perahu yang ada di Desa Mengger adalah 9 unit, namun yang masih aktif beroperasi tinggal 2 unit (Data Monografi Desa Mengger tahun 2010).

Sarana umum yang terdapat di Desa Mengger adalah Mushola (9 unit), Masjid (2 unit), Puskesmas (1 unit), dan Kantor Desa (1 unit). Sarana olahraga yang ada di Desa Mengger terdapat lapangan sepak bola (1 unit), lapangan bola volly (1 unit). Pasar sebagai sarana jual beli di Desa Mengger hanya terdapat 1 unit, itupun tidak selalu buka setiap hari. Pasar Dongblong merupakan pasar tradisonal yang hanya buka pada hari pasaran pon dan legi. Pasar Permanen yang paling dekat dengan Desa Mengger adalah Pasar Walikukun yang berjarak 5 km dan ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 30 menit sampai 1 jam perjalanan (Hasil Wawancara dengan Sugito tanggal 5 Oktober 2011).  

Sarana pendidikan di Desa Mengger masih terbatas. Di Desa Mengger hanya terdapat dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) , yaitu SDN Mengger I dan Mengger II serta satu Taman Kanak-kanak (TK). SDN Mengger I dan II serta TK Dharma Wanita terletak dalam satu wilayah. Lulusan SD yang ada di Mengger sebagian besar akan melanjutkan ke SMP 2 Karanganyar, yang letaknya tidak terlalu jauh dengan jarak sekitar 1 km. SMP 2 Karanganyar ditempuh melalui jalur darat dengan menaiki sepeda motor dan ada juga yang jalan kaki. Jalan yang harus dilewati sebagian sudah diaspal dan sebagian jalan beton.

Iklan

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s