Cah Angon….

Cah angon merupakan sebutan dalam bahasa Jawa bagi orang , biasanya laki-laki, yang menggembala sapi di hutan atau padang rumput. Membicarakan cah angon berkaitan erat dengan pembahasan mengenai petani. Petani Jawa selain mengerjakan lahan pertanian juga memeiliki rutinitas lain yaitu memelihara binatang ternak. Binatang ternak yang dimilik petani misalnya saja sapi, kerbau, domba dan ayam. Binatang ternak hampir sebagian besar dijual, namun ada beberpa yang dikonsumsii sendiri, misalnya ayam dan telurnya. Kebutuhan pakan ternak dapat dicukupi dengan mudah oleh petani. Alam Indonesia yang sangat subur memudahkan petani guna memberi pakan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing.

Sapi dan kerbau membutuhkan pakan yaitu rumput dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan pakan kambing. Petani yang memiliki sapi atau kerbau lebih dari dua ekor akan menggembalakan binatang ternak guna mencukupi kebutuhan pakan. Anak petani sudah dilatih sejak kecil untuk membantu orang tua dalam mengerjakan tugas pertanian. Anak petani yang tidak sekolah sejak kecil sudah diikutsertakan dalam mengurus sawah atau ladang. Berangkat ke ladang pukul enam pagi pulang sekitar jam dua belas siang berangkat lagi jam tiga sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi petani dan keluarganya.

Cah angon mulai menggembalakan sapi atau kerbau dari jam enam pagi. Petani yang memiliki binatang ternak lebih dari lima akan mengikutsertakan anak laki-laki dalam menggembala. Anak sudah dilatih sejak kecil dalam menggembalakan sapi atau kerbau. Jam enam pagi, cah angon berangkat dari rumah beserta rombongan sapi atau kerbau milik tetangga. Saat  berangkat seperti ini disebut ngicul, berasal dari kata icul yang berarti lepas sehingga ngicul berarti melepasakan yaitu melepaskan binatang ternak menuju tempat penggembalaan. Berangkat jam enam pagi, biasanya cah angon tidak sarapan pagi dan tidak ada istilahnya cah angon mati gara-gara tidak sarapan pagi.

Cah angon berangkat dari rumah berada di belakang sapi atau kerbau. Cah angon mengawasi sapi atau kerbau berjalan menuju tempat penggembalaan. Alat yang digunakan cah angon untuk mengendalikan sapi yaitu pecut atau gitik (cambuk). Pecut terbuat dari bambu yang dienam sedemikian rupa. Bila tidak menggunakan pecut, cah angon menggunakan kayu kecil sebagai pengganti pecut. Cah angon mengarahkan sapi atau kerbau menuju tempat penggembalaan, terkadang sapi dan kerbau tidak menuju ketempat penggembalan malah memakan tanaman petani. Pada saat inilah pecut digunakan untuk mengarahkan lagi sapi atau kerbau menuju tempat penggembalaan.

Sesampainya ditempat penggembalaan, berkumpullah banyak sapi dan kerbau pada tempat yang sama. Cah angon sudah hafal mana sapi yang dimiliki dan mana sapi orang lain. Di tempat pengggembalaan ini biasanya terjadi kawin antara sapi atau kerbau secara alami. Kegiatan cah angon adalah mengawasi sapi atau kerbau tidak memakan tanaman petani. Sambil mengawasi biasanya digunakan cah angon untuk sarapan pagi yaitu membakar ketela pohon atau ubi bakar. Ketela pohon didapatkan dari lahan milik petani, sedangkan untuk ubi, mereka gali menggunakan sabit atau kayu runcing. Apabila haus, cah angon yang tidak membawa air dari rumah, meminum air dari sumur atau kali yang ada di tempat penggembalaan.

Cah anggon hidup dalam kesederhanaan. Pakaian ala kadarnya hingga nampak seperti gembel. Cah anggon biasanya kalau pulang membawa kayu bakar yang digunakan untuk bahan bakar di dapur. Sekitar jam 12, cah anggon pulang ke rumah atau dalam bahasa Jawa “nggereg”. Sesampainya di rumah cah angon, mandi kemudian makan siang dan beristirahat. Hiburan cah angon adalah radio yang lagu kesukaannya adalah campursari. Jam 2 siang cah angon kembali ke tempat penggembalaan bersama sapi atau kerbau yang dimiliki. Rutinitas seperti yang telah dijelaskan diatas. Cah angon pulang ke rumah sekitar jam 6 sore. Mandi, makan malam kemudian berkumpul dengan tetangga di pos ronda atau warung kopi.

Rutinitas cah angon selalu dilakukan setiap hari. Hujan maupun panas merupakan teman akrab mereka. Cah angon merupakan salah satu bukti orang tangguh di negeri ini.

(#DP9#)

Iklan

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s