move-on          Galau merupakan masalah terbesar remaja masa kini. Hampir setiap detik remaja merasa galau. Wajarlah seorang remaja selalu galau hal ini dikarenakan kondisi psikologis remaja belum stabil. Masih sering meluap-luap dan sulit terkendali. Dari masalah aktifitas harian hingga masalah percintaan, remaja mudah sekali galau. Kita dengan mudah menjumpai orang-orang galau di jejaring dunia maya, baik itu facebook maupun twitter. Orang yang galau akan selalu mengupdate segala isi hatinya ke dunia maya. Padahal permasalahannya hanya pada satu orang, namun semua orang bisa tau. Sebenarnya definisi galau itu apa?

Galau meerupakan satu masalah dalam dunia psikologis manusia. Hal ini berhubungan dengan perasaan manusia dalam menghadapi suatu masalah. Terjadi kebimbangan antara lanjut atau berhenti. Antara terus menjalani hubungan yang rumit atau harus putus. Galau merupakan suatu kOndisi kebimbangan dalam proses memilih. Anak remaja diberikan sejuta pilihan dan dia harus memilih satu pilihan untuknya. Hal inilah yang membuat remaja mengalami kegalauan. Sedangkan menurut Mario Teguh, galau akan membawa kita menuju arah yang move On.

Permasalahan anak muda erat kaitannya dengan masalah cinta. Ketika cinta harus dimulai, dalam proses dan masa akhir, kita sering menghadapi namanya kegalauan. Saat kita sudah terjatuh karena masalah cinta kita akan sulit untuk move On , apalagi cinta yang kita berikan kepadanya cinta yang tulus. Kadang ada pemikiran orang yang berpikir sederhana kalau kau tak ingin mengalami sakit saat berakhirnya hubungan percintaan, tidak usah mencintai seppenuh hati.

Move On membutuhkan proses yang setiap orang berbeda. Kemampauan seseorang dalam move On didukung oleh semangat korban untuk melanjutkan hidup dan dukungan dari orang-orang disampingnya. Tidak jarang seorang akan terjebak dalam kegalauan tak bisa melupakan masa lalu dan menghantui masa sekarang. Orang seperti ini membutuhkan kekuatan move On yang lebih untuk segera terbangun dan melangkah ke depan.

Nah yang akan kita pelajari adalah masalah move On.

Move On merupakan kosakata dari bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Move On terdiri dari dua suku kata yaitu Move dan On. Bila kita artikan satu persatu artinya adalah move berarti  gerak, sedangkan On berarti “di” atau bisa “hidup”. Kata move kita bisa cerna dengan mudah sedangkan kata On agak sulit dalam menerjemahkannya. On sering dikaitkan dengan penunjukan tempat (di) harus diikuti dengan kata benda. Namun kata On juga memiliki arti lain bila digabungkan dengan kata kerja, misalnya saja On fire, On time, carry On dan yang kita bahas, move On. Sebagai contoh adalah On fire kalau kita terjemahkan secara langsung On fire berarti “di api”.padahal maksudnya bukan di api yang sungguhan tapi semangat atau prestasinya mencapai puncak maksimal.

Kita kembali ke move On. Seperti halnya On fire, move On juga tidak bisa diartikan secara langsung. Bila kita artikan secara langsung arti move On sama dengan gerakan di atau di gerakan. Memang sulit bahasa Inggris, sehingga kita harus menaruh respect yang tinggi bagi anak-anak di Negara Inggris. Meraka sejak kecil sudah bisa membaca dan menulis Inggris. Sedangkan kita yang sudah remaja bahkan sudah dewasa hanya memiliki kosakata yang terbatas. Paling mentok dikata yes dan no.

Di dalam kamus besar bahasa Inggris move On diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti terukan atau lanjutkan. Dalam tulisan ini move On diartikan sebagai “gerakan untuk hidup” atau “di gerakan” . penulis lebih senang dengan arti yang pertama “gerakan untuk hidup”. Bila kita sering melihat tombol-tombol yang berhubungan dengan elektronik, maka disana ada tulisan On yang artinya hidupkan atau nyalakan. Seandainya kita ingin menyalakan lampu, kita harus menekan tombol On sehingga lampu dengan langsung akan menyala.

Nah bila arti tersebut kita gunakan maka cocok sekali dalam masalah galau di atas. Galau merupakan stagnanisasi diri dalam menghadapi permasalahan. Mangkanya harus ada move On, lanjutkan. Apabila kalian ingin menghilangkan galau kalian harus move On. Bila kita melakukan gerakan (move) kita akan mendapatkan kehidupan (On). Sedangkan apabila kita hidup (On), kita akan selalu bergerak (move). Kalau kita tidat melakukan gerakan kita akan berhenti atau bahkan kita mati. Kalau kita sudah mati kita tidak akan begerakan???

Move On sangat diperlukan dalam mengatasi galau. Move On harus dilakukan apabila manusia tidak ingin terhenti pada masalah yang semakin rumit dan bahkan membuat kita mati. Setiap masalah yang datang harus dengan berani kita hadapai. Permasalahan sekecil apapun apabila kita biarkan akan menjadi masalah yang besar. Jangan biarkan masalah berlarut-larut hingga beranak pinak. Tetapi kita jangan selalu membuat masalah, lakukan hidup dalam batas sewajarnya. Move On lah sangat kalian terpuruk. Bergeraklah guna menemukan secercah sinar harapan untuk menghadapi permasalahan. Jangan berdiam diri kalau tidak ingin mati. Ambillah sinar itu untuk menerangi hudupmu dari gelap masa lalu. Masa lalu bukanlah untuk dilupakan tapi untuk menyinari masa depan, supaya gelap tidak kembali datang.

Salam sederhana dan berkualitas….always On

(#DP9#)

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

One response »

  1. […] itu ilmu yang mempelajari masa lalu, yang membuat orang-orang gagal move on, yang lalu yang biarlah lalu, dan mari menatap masa depan. Aku pernah diwanti-wanti oleh seseorang, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s