eksogenSecara etimologi, kata eksogen berasal dari kata exos dan genor. Exos berarti luar dan genor berarti luar. Proses eksogen merupakan tenaga pengubah bentuk muka bumi berasal dari luar bumi. Tenaga luar yang bekerja memproses perombakan muka bumi dapat bersumber dari sinar matahari, air, angin, gletser dan maklhuk hidup. Tenaga eksogen merombak permukaan bumi melalui tiga kegiatan, yaitu proses pelapukan, pengikisan, dan pengendapan.

a.      Pelapukan

Pelapukan adalah proses hancurnya batuan dari bongkah-bongkah besar menjadi bagian-bagian yang kecil. Terjadinya proses pelapukan disebabkan oleh cuaca dan iklim, perubahan suhu, pengaruh unsur kimia yang larut dalam air hujan, serta aktivitas tumbuh-tumbuhan,hewan dan manusia. Proses pelapukan dibedakan menjadi tiga macam,

1)  Pelapukan mekanik (fisik) adalah peristiwa penghancuran batuan menjadi bagian-bagian kecil karena pengaruh tenaga fisik pada batuan tersebut, akan tetapi tidak disertai perubahan susunan kimianya. Batuan tersebut hancur karena pengaruh penyinaran matahari dan perubahan suhu siang dan malam.

2)  Pelapukan kimiawi (dekomposisi), adalah proses penghancuran dengan mengubah susunan kimiawi batuan yang terlapukan. Pelapukan kimiawi dapat berupa proses oksidasi maupun proses hidrolisa. Proses oksidasi hal ini jika zat pelapukkannya adalah oksigen, contoh besi yang bereaksi dengan oksigen akan terbentuk karat besi. Sedangkan proses hidrolisa jika zat pelapukannya adalah air, sebagai contoh terbentuknya stalaktit dan stalagmite.

3)  Pelapukan organik (Biologis), adalah pelapukan batuan yang disebabkan oleh maklhuk hidup. Contohnya semut, cacing dan tikus membuat lubang pada batuan, akar tumbuhan membuat lubang pada batuan serta manusia mengeruk bukit batu dengan menggunakan alat tertentu.

b.      Pengikisan (erosi)

Erosi adalah proses pengikisan butiran-butiran batuan pada permukaan bumi oleh tenaga air, angin dan gletser. Erosi oleh air memiliki beberapa bentuk, diantaranya:

1)    Erosi percikan (splash erosion), yaitu erosi permukaan yang disebabkan oleh percikan air hujan yang turun ke permukaan bumi.

2)    Erosi pemukaan (sheet erosion), yaitu erosi yang mengikis bagian tanah paling atas yang subur dan kaya akan unsur hara bagi tanaman.

3)    Erosi alur (riil erosion), yaitu erosi yang terjadi karena daya aliran secara terus menerus mengikis tanah yang merambat ke bagian bawah bekas erosi.

4)    Erosi parit (gully erosion), yaitu erosi yang terjadi pada anak-anak sungai kecil berkumpul menjadi aliran sungai yang lebih besar.

c.       Pengendapan (sedimentasi)

Sedimentasi adalah pengendapan material batuan yang diangkut oleh air, angin, atau getser. Proses sedimentasi oleh air sungai menghasilkan bentuk alam sebagai berikut

1) Delta,yaitu endapan yang terdapat di muara sungai dan biasanya berbentuk segitiga.

2)  Dataran banjir (flood pain), yaitu endapan yang terdapat di kanan-kiri sungai akibat banjir.

3) Meander, yaitu bentuk aliran sungai yang berkelok-kelok yang terjadi akibat peristiwa pengikisan pada satu sisi dan endapan di sisi lainnya berlangsung lama.

Hasil sedimentasi yang diakibatkan oleh tenaga gelombang air laut, antara lain membantuk fisik pantai berikut ini

1)   Beting, yaitu onggokan pasir dipantai dan muara sungai yang tampak pada waktu pasang surut dan digenangi air laut pada waktu pasang naik.

2)     Nehrung, yaitu bukit pasir panjang yang terletak di dekat pantai.

3)    Tombolo, yaitu tanggul pasir alami yang menghubungkan daratan pulau utama dengan pulau yang berada di dekat pantai.

Sedimentasi yang diakibatkan oleh tenaga angin memunculkan penampakan alam sebagai berikut

1)    Beach, yaitu bentukan hasil pengendapan material bantuan di sepanjang pantai.

2)  Sand dune, yaitu bukit pasir rendah yang terbentuk karena embusan angin yang membawa butiran pasir.

3)   Berchan, yaitu sejenis bukit pasir berbentuk seperti bulan sabit.

Iklan

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s