Belajar yuk..Istilah  minat  tentunya  sudah  tidak  asing  lagi  dalam  sudut  pandang pendidikan,  meskipun  istilah  tersebut  sudah  populer  namun  banyak  juga  di antara  kalangan  pendidik  yang  masih  belum  tahu  apa  yang  disebut  dengan minat  tersebut.  Untuk  itu  di  sini  dipaparkan  beberapa  pengertian  dari  minat membaca. Sandjaja  (2006)  mengungkapkan  bahwa  secara  umum  minat  dapat diartikan    sebagai    suatu    kecenderungan    yang    menyebabkan seseorang berusaha  untuk  mencari  ataupun  mencoba  aktivitas-aktivitas  dalam  bidang tertentu[1]. Minat juga diartikan sebagai sikap positif seseorang terhadap aspek lingkungan[2].

Kamisa[3] menyatakan minat adalah kehendak, keinginan atau kesukaan.  Minat  adalah  memusatkan  kegiatan mental  dan  perhatian  terhadap  suatu  objek  yang  banyak  sangkut  pautnya dengan keadaan dari individu[4].

Membaca merupakan istilah yang mengandung pengertian yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang mengira bahwa membaca adalah sekadar menyuarakan lambang-lambang tertulis tanpa mempersoalkan apakah kalimat atau kata-kata yang dilisankan itu dipahami atau tidak[5]. Budaya membaca memang sangat penting untuk dikembangkan khususnya dalam pembelajaran siswa.

Membaca sangat penting untuk menambah ilmu. Rahim (2007) mengemukakan bahwa kegiatan membaca yang dilakukan oleh seseorang adalah untuk memperoleh pengetahuan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan acara alasannya sehingga mereka lebih mampu menjawab tantangan hidup pada masa-masa mendatang[6]. Kegiatan membaca dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Hal ini dapat dilihat dari segi tinjauannya. Ada dua jenis tinjauan yang berkaitan dengan jenis-jenis membaca antara lain (1) menurut segi teknik, dan (2) menurut segi tatarannya[7].

Dari   rangkaian   pendapat   di   atas   dapat     disimpulkan   bahwa   minat membaca adalah kekuatan yang mendorong seseorang  untuk memperhatikan, merasa  tertarik  dan  senang  terhadap  aktivitas  membaca  sehingga  mereka melakukan   aktivitas   membaca   dengan   kemauan   sendiri.   Aspek   minat membaca  meliputi  kesenangan  membaca,  frekuensi  membaca,  faktor  yang mempengaruhinya dan kesadaran akan manfaat membaca. Salah satu manfaat membaca  tersebut  adalah  meningkatnya  penguasaan  kosakata,  karena  bila seseorang meningkatkan  minat  membacanya  maka ia  akan   menguasai  lebih banyak  kosakata  dalam  suatu  bacaan  atau  wacana  yang  dibacanya  sehingga  membaca pun akan lebih mudah dan menyenangkan.


[1]   Sandjaja, Soekanto (2006). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. hlm 2.

[2]    Nana, Sudjana. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya,2001), hlm 45.

[3]    Kamisa. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.(Surabaya: Kartika, 1997), hlm 370.

[4]E. Usman Effendi dan Juhaya S. Praja. Pengantar Psikologi, (Bandung : Penerbit Angkasa, 1985), hlm 69.

[5] Yant Mujiyanto, dkk. Puspa Ragam Bahasa Indonesia. (Surakarta: UNSPress, 2000), hlm 46.

[6] Rahmat Husein, dkk. 2007.Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27 Medan Melalui Metode SQ3R. (Jakarta: PPKP Depdiknas, 2007), hlm 10.

[7] Suyatmi. Membaca I (BPK ). (Surakarta: UNS Press, 1997), hlm 39.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s