Pernahkah kalian mendengar kata Mafia??

Apa yang ada di dalam pikiran kalian saat anda diperkenalkan dengan kata tersebut?

Pernahkan kalian melihat film-film barat yang mengisahkan tentang mafia????

Mafia atau Mafioso identik dengan kejahatan kelas kakap yang donisimafia by Herlianaterorganisir dengan rapi. Gambaran seorang mafia adalah bisa laki-laki maupun perempuan akan tetapi kebanyakan adalah perempuan. Memiliki atribut yang berbeda-beda antara mafia satu dengan  yang lainnya. Berhubungan dengan wanita-wanita yang cantik-cantik, memiliki banyak uang, mobil mewah dan sering melakukan kekerasan. Mafia adalah gerakan bawah tanah yang memiliki ikatan kerahasiaan dan kesetiaan yang menyatukan kelompok, disiplin dan sikap tutup mulut dihadapan musuh membuat orang luar tidak begitu saja bisa masuk. Atribut yang paling mencolok digunakan adalah setelan baju, celana, sepatu dan kacamata hitam yang sangat khas.

Asal-usul kata mafia secara etimologis belum bisa mendapatkan pengertian yang sesuai. Ada yang mengatakan mafia merupakan singkatan dari Morte Alla Francia Italia Anela (maut di tangan perancis adalah tangis italia).  Moto ini muncul akibat serangan Perancis ke daerah Sisilia (Italia). Cerita lainnya juga terdapat asal-usul kata Mafia yaitu ketika serangan Perancis ke Sisilia ada seorang gadis yang diperkosa dan dibunuh oleh orang Perancis, Ibu perempuan tadi kemudian maratapi dengan berkata “Ma fia, ma fia (Putriku, putriku)”. Mafia memiliki lambang-lambang, isyarat-isyarat yang aneh dan struktur sendiri. Mafia merupakan perilaku yang menggambarkan kejantanan dan kekuatan yang dinilai tinggi oleh masyarakat. Seoarang dikatakan Mafioso tidak harus menjadi penjahat melainkan dia merupakan seorang individu yang banyak dikagumi, yang memperhatikan kebutuhan-kebutuhannya sendiri, memecahkan persoalan-persoalan sendiri dan yang menjalani kehidupan sendiri dengan kehormatan dan kekuatan. Dalam kultur masyarakat yang tertindas, perilaku seperti mafia kadang-kadang diperlukan dan dianggap patriotis.

            Italia merupakan Negara tempat mafia dilahirkan. Disana bercokol mafia yang kelas kakap, terutama Mafia Sisilia,’Ndrangheta, Camorra, Sacra Corona Unite, Stidda, La Cosa Nostra dan masih banyak lagi. Para mafia berbisnis heroin, kokain, ganja dan obat-obatan terlarang. Dengan segala bentuk kejahatan, pantas Italia menjadi Negara yang melahirkan banyak sekali mafia kelas kakap. Bergeser dari italia menuju ke dunia timur. Alam yang luas membentang, membuat Rusia memiliki segalanya, salah satunya mafia papan atas. Mafia di Moscow tidak lagi hanya berdagang heroin maupun obat-obatan terlarang, melainkan mereka juga berbisnis senjata nuklir.

            Bangsa Asia yang terlihat baik ternyata juga memiliki mafia kelas dunia. Diantaranya ada Triad, Tong dan Geng-geng jalanan di Cina dan Hongkong. Kemudian ada mafia dari Korea yang mengoprasikan jaringan berskala dunia dalam bidang pelacuran dan pemasokan para “hostess” dang “penghibur” ke rumah bordil yang dioperasikan poleh organisasi Cina atau Jepang. Negara matahari tersebut menyumbangkan satu mafia kelas kakap paling canggih di Asia, yaitu Yakuza. Yakuza begerak di bidang pencucian uang dalam skala besar, pemerasan perusahaan, pelacuran, perjudian, penyelundupan senjata, penculikan dan pembunuhan.

Mafia dari Rusia menjalankan bisnis hingga internasional. Mereka tidak hanya di Rusia melainkan melanglang buana ke negara lain, salah satu tempat yang dituju adalah Amerika, khususnya Amerika Utara. Kanada merupakan tujuan utama para mafia. Kanada digambarkan sebagai pusat aktivitas semua mafia di dunia. Kota seperti Toronto terdapat berbagai kelompok mafia dunia yang sebagian besar berbisnis Heroin. Kanada merupakan pintu masuk menuju Amerika Serikat yang tidak dijaga. Undang-undang di Kanada tidak tegas terhadap kejahatan perdagangan heroin. Longgarnya kebijakan imigrasi dan hukuman yang ringan terhadap para penjahat membuat Kanada menjadi tempat sembunyi secara terang-terangan para Mafia.

Terus apa ada mafia di Indonesia???

Indonesia juga tidak kalah dalam menyumbangkan kelompok mafia. Mafia di Indonesia lebih luar biasa dibandingkan dengan mafia di luar negeri. Mereka tidak hanya berbisnis obat-obat terlarang, malah mereka sudah hidup dalam bidang pmerintahan. Mafia hukum, korupsi dan mafia pajak merupakan jenis mafia yang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Para mafia ini biasanya terorganisir secara rapi dan memiliki kekuatan finasial yang luar biasa. merka tidak lagi menjual heroin atau menjual wanita seperti mafia luar negeri, melainkan mereka mengambil uang Negara.

Mafia ini bukan lagi mafia terhebat di dunia melainkan juga diakhirat. Pejabat-pejabat yang seharusnya memikirkan nasib rakyat seolah lupa dan menikmati hidup semaunya. Masih hangat dipikiran kita bagaimana hebatnya salah satu mafia pajak, Gayus Tambunan. Dia memiliki uang yang melimpah hasil mengamankan uang rakyat yang bukan menjadi haknya. Setelah dipenjara dia masih bisa menikmati tournamen tenis terkemuka di Bali. Dengan uang rakyat dia bisa berbuat apa saja.

Kasus para mafia di Indonesia biasanya hanya hangat sebentar saja. Sesudah diberitakan dalam beberapa hari, kasus itu tiba-tiba mulai pelan suaranya dan pada akhirnya tidak terdengar lagi. Satu kasus belum selesai sudah terdapat kasus lainnya lagi. Seperti gali lobang tutup lobang, membawa bangsa Indonesia menuju lingkaran setan para mafia kejahatan. Bangsa Indonesia terlalu banyak mafia yang menyusahkan rakyat. Meraka seolah sudah mengikat tenggorkan bangsa Indonesia. Seolah-olah pekerjaan maha sulit untuk melepaskan jerat para mafia. Di era modern seperti ini kelihatannya susah menjadi orang baik. Mereka seolah lupa bahwa kehidupan ini tidak berhenti hanya sekedar di dunia ini saja. Tetapi ada kehidupan yang panjang di depan.

 

 

 

 

Iklan

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s