(selayang pandang pemuda, Sumpah setia para pemuda pada bangsa)

sumpah-pemuda“Selamat ya Om On” kata seorang siswa kepada Pak On

“Selamat untuk apa ya?” Pak On mengernyitkan dahi seakan tidak tahu menahu

“Ya Allah pak, kamu kan guru sejarah masak enggak tahu hari ini hari apa?” pandangan siswa seakan menatap Pak On dengan jiwa kebodohan.

‘Hari ini kan hari senin, kan enggak upacara , upacaranya kan setiap tanggal tujuh belas Agustus? Pak On masih terlihat oon..

“Hari ini sumpah pemuda pak, masak enggak tahu” Siswa hanya bisa geleng-geleng kepala merasakan ke oonan gurunya tersebut.

Oh iya hari ini kan tanggal dua puluh delapan oktober berarti hari sumpah pemuda. Masing ingat enggak kalian dengan peristiwa sakral dan penting zaman dahulu??

Ketika itu bangsa Indonesia khususnya para pemuda menyatakan sumpah untuk mengabdi pada negara. Sumpah pemuda adalah salah satu peristiwa teramat penting bagi perjalanan bangsa Indonesia dalam menapaki jejak kehidupan. Para pemuda yang berbeda wilayah dan suku bangsa menyatakan persamaan pendapat bahwa mengaku sebagai bangsa Indonesia. Pemuda khususnya golongan terpelajar mempunyai rasa persaudaran terbuka hatinya guna mengakui segala perbedaan bukanlah suatu masalah yang besar. Pemuda yang mendapatkan pendidikan mampu merubah keadaan guna terciptanya satu semangat persatuan. Para pemuda membuat komitmen untuk bersama mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda bersatu guna melakukan musyawarah. Jong Java, Jong Ambon, Jong Islameten Bond, Pemuda Kaum Betawi, Jong Batak dsb. Kongres pemuda kedua merupakan kelanjutan dari Kongres Pemuda pertama yang telah dilakukan sebelumya. Kongres pemuda kedua merupakan gagasan dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Sebagai ketua dari Sumpah Pemuda II adalah Sugondo Djoyopuspito yang merupakan ketua dari PPPI. Pada saat itu Moehammad Yamin menguraikan gagasannya tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Kumudian para pemuda mengikrarkan sumpah yang terkenal dengan nama Sumpah Pemuda. Yang bunyinya kira-kira seperti ini:

Contoh-Gambar-Teks-Sumpah-Pemuda-AsliSumpah Pemuda versi orisinal:

Pertama, Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoewa, Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga, Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

Pertama, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga, Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Acara hari itu ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman. Janji setia telah terucapkan harus ditepi sepanjang masa.

Terus bagaimana generasi sekarang menyikapi mengenai Sumpah Pemuda. Generasi bangsa ini sudah melangkah jauh. Proklamasi yang sudah didendangkan oleh Soekarno dengan kebulatan tekad untuk memerdekakan diri, telah membawa bangsa Indonesia ke gerbang pencerahan. Perjalanan bangsa telah Indonesia sangat panjang melewati suka dan duka bersama sebagai suatu negara. Banyak permasalahan dan rintangan mampu dipecahkan oleh bangsa Indonesia dengan kebersamaan dan persatuan,

Pada era gombalisasi yang mana dunia tanpa sekat, jiwa-jiwa patriot harus tetap tertanam dalam Jiwa pemuda Indonesia.  Hal ini supaya terlihat karakter bangsa Indonesia yang berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua. Seperti kata-kata dari Kitab Sutosuma karangan dari Empu Tantular yang berbunyi Bhineka Tunggal Ika. Pemuda harus mampu menjadi tulang punggung bangsa menuju era keemasan. Masih teringat jelas dalam memory sejarah negera ini betapa besar peranan pemuda Indonesia dalam melakukan perubahan-perubahan menuju arah kebaikan. Peristiwa proklamasi, rapat raksasa ikada hingga demonstrasi pemuda tahun 1998 merupakan bukti dari eksistensi pemuda. Nilai kepribadian Indonesai di era modern  mulai meluntur. Lihatlah para pemuda yang sukanya hanya berhura-hura dan bermain wanita. Lihatlah para pelajar yang sukanya hanya tawuran. Di mana nilai-nilai yang diwariskan oleh pemuda tahun 28??? Karakter apa yang dimiliki bangsa Indonesia? Sungguh malang bangsa Indonesia, pendiri negeri ini membangun dengan keringat darah, sedangkan para pemuda malah menyelewengkan perjuangan bangsa.

Para pelajar harus memiliki karakter yang tertuang pada bunyi sumpah pemuda. Pemuda era ini harus sopan, cerdas, insipiratif dan berprestasi. Pemuda Indonesia ada yang berprestasi juga ada yang merusak dirinya sendiri dengan minuman keras maupun narkoba. Pemuda Indonesia harus memiliki iman yang kuat dalam terpaan angin globalisasi. Pemuda harus mampu menguasai diri guna membangun negeri. Masih ingatkah kalian dengan perkataan  Bung Karno, sediakan sepuluh pemuda akan ku goncang dunia. Betapa hebatnya kaum pemuda. Sebagai pemuda mari berkarya membangun bangsa dengan semangat para pendahulu kita yang berikrar dengan sumpah pemuda sumaph setia kepada bangsa.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s