indonesiaSiapa bilang kalau Indonesia negara yang abal-abal? Dan siapa yang berani bilang kalau Indonesia itu negara yang miskin? Semua orang di dunia luar mengakui bahwa Indonesia adalah negara yang luar biasa. negera yang luas membentang dari sabang hingga Merauke, berjejer ribuan pulau menghiasi lautan. negara kita kaya akan berbagai sumber daya alam baik yang terkandung di daratan maupun terdapat di lautan. Kekayaan sumber daya alam apapun ada di negeri ibu pertiwi. Tidaklah salah kalau bangsa asing berbondong-bondong ke negeri ini. Hingga pada akhirnya penduduk pribumi menjadi tamu di tanahnya sendiri.

Indonesia negara yang kaya, kalimat yang sudah terdengung sejak dahulu kala. Bangsa Barat sudah mengakui itu. Zaman dahulu, banyak para penjelajah samudera yang hendak mencari pusat penghasil rempah-rempah akhirnya bisa terdampar di negeri ini. Rempah-rempah yang menjadi primadona perdagangan saat itu menjadikan daya tarik sendiri yang membuat orang-orang luar tergiur untuk menguasi tanah ini. Pada akhirnya bangsa kita terdiam oleh adanya penjajahan. Kehebatan leluhur kita seakan memudar apabila ada orang yang menyatakan bahwa kita tidak dijajah Belanda selama tiga setengah abad. Waktu yang tidak sebentar untuk menghabiskan enam generasi Indonesia.

sda di indonesiaMeskipun dikuras kekayaan alam, ternyata negeri ini belum kehabisan sumber daya alam yang siap dialirkan kekayaannya bagi negara-negara barat. Penduduk Indonesia tetap saja hidup dalam tarah kemiskinan. Banyak kasus busung lapar melanda di negeri ini. Kalau benar negeri ini kaya seharusnya tidak terjadi hal seperti itu. Jangan salahkan negeri ini, salahkanlah para begundal-begundal yang mengeruk kekayaan negeri ini untuk kepentingan pribadi dan golongan mereka sendiri. Para begundal yang menguras kekayaan bumi pertiwi dengan berbagai cara licik. Kekayaan negara yang seharusnya untuk dinikmati rakyat banyak, pada akhirnya hanya dinikmati oleh segelintir orang. Jurang yang lebar memisahkan si kaya dan si miskin.

letak geografis indonesiaSelain kaya dengan sumber daya alam, ternyata banyak factor penting yang seharusnya membuat negeri ini menjadi Negara yang sangat kaya raya. Tidak ada Negara di dunia yang sebanding dengan kekayaan yang dimiliki Negara kita. Letak kita sungguh luar biasa strategisnya. Menghubungkan dua samudera dan dua benua. Samudera Hindia dihubungkan dengan samudera Pasifik dan Benua Asia dihubungkan dengan Benua Australia. Letak geostrategis ini seharunya membuat Indonesia diperhitungkan oleh banyak Negara. Indonesia merupakan penghubung perdagangan di dunia ini. Letak Negara Indonesia diposisi silang ini, menjadikan Indonesia dilalui oleh jalur perdagangan internasional baik melalui laut maupun udara.

Orang Arab dan India yang hendak berdagang dengan orang Cina pada awalnya melalu jalur darat (jalur sutera). Namun kemudian jalur tersebut berpindah ke laut yang mengakibatkan Indonesia menjadi tempat yang penting bagi para pedagang saat itu. Selain tempat penghasil kekayaan alam, Indonesia juga menjadi tempat transit pedagang saat itu. Perlu kita ingat bahwa alat transportasi yang digunakan pedagang adalah dengan menggunakan perahu yang bertenaga angin. Sehingga untuk mampu berlayar di lautan dibutuhkan angin yang bisa menggerakan kapal tersebut. Kita mengenal adanya angin muson yang bertiup pereodik yaitu selama enam bulan. Nah pada saat menunggu angin itu bertiup, para pedagangan dari luar sebagain besar berinteraksi dengan penduduk Indonesia. Diantara ada yang melakukan pernikahan dengan pribumi.

Terletak di antara dua samudera dan dua benua ini juga berpengaruh terhadap kondisi musim. Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pada bulan April-Septembr bertiup Angin Muson Timur dari daratan Australia yang membawa uap panas yang mengakibatkan terjadinya musim kemarau. Sedangkan pada bulan Oktober-Maret bertiuplah Angin Muson Barat yang mengakibatkan terjadinya musim penghujan. Pengaruh samudera yang begitu luas tersebut mengakibatkan udaranya lembab, curah hujan tinggi dan memiliki hutan hujan tropis. Penduduknya banyak yang hidup dengan memanfaatkan sumberdaya lautan, misalnya menjadi nelayan.

Letak Indonesia yang terletak dipersilangan ini memunculkan berbagai pengaruh diantaranya: Indonesia dipengaruhi oleh kebudayaan asing yakni dalam bidang bahasa, agama, seni, dan perdaban. Kita bisa menberikan contoh yaitu pengaruh dalam bidang bahasa dan tulisan. Pada awalnya Indonesia mengalami masa yang sering dinamakan sebagai masa pra-aksara yaitu masa dimana belum ditemukannya tulisan. Namun setelah adanya kontak dengan kebudayaan asing maka Indonesia mulai mengenal tulisan. Kebudayaan India berpengaruh dalam hal tersebut, yakni adanya huruf Pallawa dan bahasa sansekerta menjadi saksi bisu.

Letak dipersilangan tersebut juga menyebabkan Indonesia memiliki banyak mitra dalam kerja sama. Di bagian bawah kita terdapat Negara maju Australia, dan di sekitar Negara kita banyak Negara berkembang lainnya yang saling melakukan hubungan bilateral baik itu dalam bidang politik, ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan. Letak strategis tersebut membuat Indonesia menjadi lalu lintas perdagangan sehingga menunjang perdagangan di Indonesia dan menambah sumber devisa Negara. Keunggulan letak geografis juga berpengaruh terhadap kekayaan flora dan fauna di Indonesia. Seperti yang kita tahu, pembagian flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah dengan ciri hewan khas yang berbeda.

peta penyebaran fauna di indonesiaFlora di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah yakni Flora-Fauna Paparan Sunda (Asiatis), Flora-Fauna Paparan Sahul (Australis) dan Flora-Fauna Daerah Peralihan. Flora Asiatis sebagai contoh meranti, kemuning, kamper, dan Raflesia Arnoldi, sedangkan Fauna meliputi Harimau, Gajah, Badak bercula satu, Siamang dsb. Flora Australis contohnya kayu putih, merbau, gaharu dan akasia. Sedangkan fauna Australias yaitu Kasuari, Kanguru, Cendrawasih dsb. Flora dan fauna peralihan merupakan asli dari Indonesia. Flora di derah peralihan antara lain kayu cendana, eboni dan anggrek. Sedangkan fauna yaitu Komodo, burung Maleo, babi rusa dan Anoa.

Dengan letak yang begitu strategis tersebut, seharunya selalu membuat kita bersyukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan karunia yang begitu melimpah bagi kita bangsa Indonesia. Selalu berbuat baik kepada sesama manusia dan tidak melakukan eksploitasi alam yang berlebihan mungkin itu yang ddapat kita lakukan.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s