kurikulum2013Beberapa hari ini Om On lumayan agak sibuk, dia dituntut untuk mengatur jadwal yang ada agar semua tugas dapat dia tuntaskan. Berbagai kegiatan tersebut mampu menguras tenaga dan pikiran, hingga membuat kesehatan Om On sedikit agak terganggu. Meskipun demikian dia tidak bisa menghindar untuk menjalankan tugas mulianya, turut serta dalam kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa seperti amanat para pendiri negeri ibu pertiwi pada pembukaan UUD 1945 tepatnya di pada paragraf ke-4. Seperti kata Iwan Fals, menjadi guru berbakti itu terkadang makan hati.

Ketika kondisi tubuh sedang terganggu, guru dituntut dengan berbagai tugas yang harus diselesaikan. Guru benar-benar dituntut untuk se-profesional mungkin. Guru harus menjadi manusia yang sempurna, dikarenakan tindakan dan perkataan selalu menjadi teladan bagi anak didiknya. Kita pasti jarang menemukan guru demo masalah gaji, meskipun memang gaji guru seperti dikebiri. Gaji guru honorer bila dibandingkan dengan kuli pasar akan sangat timpang. Hal ini yang mengakibatkan guru masih sibuk dengan berbagai kegiatan lain guna memenuhi kebutuhan. Akan tetapi kalau guru mempersalahkan masalah bayaran, pasti pandangan orang beranggapan kalau guru hanya materialistis.

Menjadi guru idola tidaklah sulit. Kreteria guru favorit bagi anak didik itu mudah, kuncinya adalah guru yang humanis, guru yang dekat dengan anak didiknya. Guru humanis adalah guru yang mampu memanusiakan manusia. Banyak guru yang belum mampu berbuat seperti ini. Guru seolah memiliki kekuasaan absolute seperti raja-raja pada masa lalu. Guru sok menang sendiri dan menganggap segala yang dia lakukan benar. Padahal mereka lupa bahwa zaman sudah berubah, pendidikan yang mereka dapatkan pada masa lalu sudah kurang relevan bila diterapkan pada saat ini.

Guru harus mampu dekat dengan anak didiknya. Tidak banyak guru yang seperti ini. Guru terkadang tidak tahu kalau anak didik tersebut merupakan tetangganya. Guru harus mampu memahami apa yang dibutuhkan oleh anak didik. Guru diharapkan memberi ruang seluas-luasnya untuk anak didik berkreasi mengembangkan bakatnya. Anak didik sudah tidak dianggap lagi botol kosong ataupun selembar kertas putih, anak didik sudah memiliki kemampuan dasar yang pada akhirnya nanti dapat dikembangkan di sekolah. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.

Guru dituntut mampu menjadi motivator yang ulung. Hal ini dikarenakan salah satu modal untuk memperoleh prestasi adalah dengan adanya motivasi yang tinggi. Motivasi bisa muncul dari dalam diri anak didik, akan tetapi ada juga motivasi yang datangnya dari luar, yaitu dari guru. Menjadi pendengar, perasa dan penasehat yang baik harus tertanam pada jiwa seorang guru. Guru diwajibkan mendengarkan apa keluh kesah anak didik, baik itu masalah materi pelajaran maupun masalah lain, sebagai contoh masalah di rumah dengan orang tua atau masalah yang berkaitan dengan kenakalan remaja.

Sebagai pendengar alias teman curhat, guru memosisikan diri senyaman mungkin agar anak didik tidak canggung untuk bercerita. Om On membuka diri terhadap curhatan anak didiknya. Beberapa hari ini ada beberapa anak didik yang sedang mengalami masalah percintaan. Om On memang tidak melarang anak didiknya untuk pacaran dengan syarat pacaran yang positif meskipun kebanyakan pacaran berdampak negative. Anak didik kalau sudah dekat dengan guru pasti akan cerita banyak, lebih banyak dibandingkan yang diceritakannya dengan orang tuanya. Guru memegang peranan sebagai orang tua anak didik di sekolah.

Tidak jarang, guru kurang mendengar apa yang dikatakan anak didik. Kebanyakan guru tersebut masa bodoh dengan segala permasalahan dari anak didik. Yang dipentingkan oleh guru adalah nilai anak didik anak didik memuaskan tidak ada yang tidak lulus. Kalau sampai ada anak didik yang tidak lulus biasanya guru hanya marah-marah atau terkadang melakukan tindakan yang menyakitkan hati yaitu ngaji, ngarang piji yaitu memberikan nilai yang tidak sesuai pada kenyataannya. Guru harus bisa membuat nilai seobjektif mungkin sesuai dengan apa yang diperoleh oleh anak didik. Apabila nilai belum memenuhi standar kelulusan, maka guru wajib memberikan perhatian khusus dengan cara meremedi anak didik tersebut.

Guru memang harus peka dengan apa yang dialami atau dirasakan oleh anak didiknya. Kenapa tiba-tiba prestasi anak turu, anak jarang masuk, anak berubah menjadi nakal, harus dicari permasalahan apa yang menyebabkan anak didik bisa berubah seperti itu. Butuh proses yang tidak sebentar mengubah tingkah laku anak didik. Butuh waktu dan tenaga yang ekstra untuk benar-benar menghasilkan generasi yang cerdas dan berkarekter kuat. Meningkatkan kepekaan social memang sangat dibutuhkan oleh guru. Cara yang dilakukan misalnya saja dengan membaca berbagai referensi tentang berbagai kenakalan remaja dan solusinya, membaca buku-buku motivasi atau mengingat kembali peristiwa masa lalu yang pernah dialaminya.

Guru yang memiliki pengalaman dan wawasan luas akan mampu mendengar, merasa dan mampu memberikan feedback atau tanggapan yang baik dari permasalahan yang dialami anak didik. Guru bisa memberikan solusi terhadap permasalahan anak didik. Guru memberikan pencerahan terhadap permasalah bukan menambah rumit masalah yang ada. Anak didik yang merasa puas dengan apa yang dinasehatkan guru akan merasa dekat dengan guru tersebut. Hal ini pada akhirnya juga berdampak dalam bidang akademik. Tidak sedikit anak didik yang mendapatkan nilai jelek pada mata pelajaran tertentu dikarenakan tidak suka pada guru mata pelajaran tersebut yang membosankan.

doni setyawanPada kurikulum 2013, ditekankan peranan guru sebagai fasilitator dan motivator. Oleh sebab itu guru harus benar-benar professional menjalankan tugasnya. Guru yang baik adalah guru yang menarik bagi anak didiknya. Munculkan daya tarik yang membuat anak didik terpikat dengan guru tersebut. Tidak melulu pada ketampanan atau kecantikan, hal yang lain misalnya saja kebaikan, humoris, dan humanis bisa memikat hati anak didik. Jangan segan untuk menjadi teman curhat dari anak didik, agar guru benar-benar tahu apa yang harus dilakukan dalam memcahkan persoalan.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s