pacarku idolakuKalau salah satu lagu itu ada yang berjudul nenekku pahlawanku. Nenek pernah bilang kepada cucunya bahwa kalau putus pacar jangan terlalu bersedih, mati satu tumbuh seribu. Laki-laki itu maklhuk yang maco akan tetapi sangat cengeng, dia sebenarnya menangis akan tetapi menutupinya, itulah yang diajarkan oleh Ibu, bahwa laki-laki nggak boleh nangis karena dialah yang nanti akan menenangkan badai demi kekasihnya. Nah tema hari pahlawan tahun ini entah ada hubungan dengan nenekku pahlawanku entah tidak, tidak menjadi masalah, Pahlawanku Idolaku

Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Sejarah mengenai tanggal tersebut adalah dalam rangka mengenang perjuangan tanggal 10 November. Para pemuda Surabaya dengan gagah berani, bermodalkan tekad dengan senjata pas-pasan harus menghadapi tentara Inggris yang merupakan salah satu pemenang Perang Dunia. Ini halnya kalau dalam istilah pertandingan sepakbola antara David dan Goliat. Antara tim papan atas melawan tim papan bawah. Kalau dalam istilah politik ada kisah tentang cicak dan buaya. Kadang kalau kita bepikir agak dalam, orang zaman dahulu itu sangat irrasional, mana mungkin senjata bambu runcign bisa mengalahkan senjata api? Tapi apa sih yang nggak mungkin, kunci kemenangannya adalah strategi yang benar.

Gelora 10 November adalah salah satu stadion yang digunakan oleh Tim Persebaya Surabaya. Lapangan berhubungan dengan tim sepak bola yang sangat dipuja Bonek, sedangkan tanggal 10 November merupakan tanggal pertempuran antara pemuda Surabaya melawan tentara Inggris. Salah satu faktor penyebabnya adalah tewanya Mallaby di jembatan merah yang diduga dibunuh oleh pemuda Surabaya. Kemudian Meanserg melakukan ultimatum atau ancaman bahwa rakyat Surabaya besok pagi harus menyerahkan senjata dan kemudian mengangkat tangan.

Dalam sejarah Indonesia, Belanda sering mengancam entah itu menyerahkan senjata atau meninggalkan wilayah. Peristiwa di Bandung menunjukan ancaman Belanda kepada warga agar meninggalkan kota Bandung. Lalu kemudian terjadi peristiwa Bandung lautan api yang saat ini kita nikmati kisahnya dalam lagu halo-halo Bandung. Hati-hati dengan ancaman low ya, apalagi ancaman dari pacarmu yang kehendaknya tidak kamu turuti terus minta putus. Awalnya sih hanya ancaman semata akan tetapi lama-kelamaan akan menjadi sebuah kenyataan, maka waspadalahh

Kembali ke 10 November

Rakyat Surabaya menolak mentah-mentah permintaan Inggris tersebut. Kemudian Inggris dengan pasukan penuh menggempur kota Surabaya baik dari darat, laut hingga udara. Mirip seperi avatar menguasai banyak elemen yaitu tanah, air dan udara. Rakyat Surabaya dengan senjata seadanya dibakar semangatnya oleh Bung Tomo berjuang mati-matian untuk mempertahankan tanah airnya. Pada akhirnya rakyat Surabaya mengalami kekalahan, banyak pemuda Surabaya yang mati dalam pertempuran. Pemerintah kemudian menetapkan setiap tanggal 10 November sebagai hari Pahlawan.

Pahlawanku Idolaku

Setiap tanggal 10 november kemudian kita peringati sebagai hari pahlawan entah itu dengan melaksanakan upacara bendera atau melakukan kegiatan perlombaan. Sebenarnya tidak sebatas berhenti disitu saja, melainkan kita dapat meneladani nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan. Kita selama ini terpaku hanya pada bungkus semata melainkan melupakan esensi dari isi. Kita menilai seseorang lebih pada penampilan fisik belaka, padahal fisik bisa menipu. Orang-orang korupsi itu terkenal sanntun, terkadang kita sampai berpikir mereka nggak mungkin kurupsi, tapi fakta yang berbicara.

Pahlawan adalah sumber inspirasi, saatnya kita menjadikan mereka idola kita. Idola adalah salah satu otang tokoh yang kita puja sehingga ada keinginan kita untuk melakukan apa yang mereka lakukan. Kita akan sangat menggilai idola kita lebih dari apapun dan siap melakukan berbagai cara untuk bisa seperti mereka. Lihatlah mereka yang tergila-gila pada artis India, mereka sampai mengenakan pakaian seribet itu demi idola yang mereka kagumi. Kekeguman akan idola juga mampu membuat kita melakukan berbagai cara yang mustahil kita lakukan kepada orang lain yang bukan idola kita.

Idola merupakan tauladan kita baik itu dari penampilan, cara hidup, hingga pola pikir. Setiap orang memiliki idola yang berbeda, banyak kemungkinan yang membuat perbedaan itu. Manusia diciptakan berbeda dan memiliki rasa yanng berbeda pula, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk berbeda. Kalau di negeri begundal, perbedaan malah dimusuihi. Tengok saja pemilu tahun kemarin, banyak orang yang baku hantam, debat panjang entah apa hasilnya dikarenaka perbedaan tersebut.

Artis merupakan salah satu idola anak-anak. Hal ini dikarenakan setiap hari mereka melihat gerak gerik dari artis tersebut. Acuan untuk seorang tokoh diidolai antara lain penampilan fisik, cerita hidup dan kecerdasan. Pada intinya sebagian besar mengidolai gara-gara masalah penampilan. Gaya rambut, cara berpakaian hingga bertingkah laku, mereka berupaya untuk menyamakan dengan sang idola. Kalau idola kita para pahlawan gimana???

Kira-kira ada apa nggak ya???

“Kalau kita mengidolai hal yang jadul berarti kita hanyalah orang-orang yang berkutat dengan masa lalu. Tidak sesuai dengan apa yang terjadi saat ini”. Anggapan tersebut tidak bisa disalahkan seratus persen kalau perlu seribu persen kayak kata pak SBY. Karana sejarah itu hanya berkutat pada masa lalu, sejarah bukan saat ini dan tidak masa depan. Tapi perlu diingat hari ini adalah sejarah untuk hari esok.

Banyak pahlawan yang kisah hidupnya bisa dijadikan acuan atau sebagai sumber inspirasi masa kini. Sebagai contoh Bung Karno, presiden pertama negara Republik Indonesia. Kusno menjadi orang yang luar biasa dikarenakan ketekunan, kerja keras dan pantang menyerah. Ilmu yang dimiliki Bung Karno tidak kalah dengan orang indonesia lain yang menimba ilmu di luar negeri. Beliau hanya kuliah di kota Bandung dengan mendapatkan gelar insinyur dala bidang arstiektur. Bapak proklamator ini kemudian masuk-keluar penjara dikarenakan sikapnya yang menentang kolonialisme.

bung karnoPada akhirnya perjuangan Bung Karno dengan pejuang saat itu bisa menghantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan dan perdamaian abadi. Beliau menjadi tokoh yang hebat pada zamannya. Soekarno menjadi salah satu pelopor pembentukan gerakan non blok, yaitu perjuangan untuk meredakan ketegangan antara blok barat dengan blog timur. Beliau juga pernah menyelenggarakan Genefos yaitu pesta olahraga untuk negara nefos. Pada saat itu Bung Karno membagi kekuatan dunia menajadi dua yiatu Oldefos dan Nefos.

Soekarno menjadi salah satu tokoh yang diperhitungkan di dunia pada masa itu. Jas Merah itu kira-kira yang dikatakan Soekarno agar kita tidak melupakan peristiwa dimasa lalu.

Di negara begundal, tema hari pahlawan kali ini adalah Pacarku Idolaku. Karena seorang begundal akan mencintai wanitanya sepenuh hati, pacar menginginkan untuk lelakinya berbuat apapun mesti akan dilakukan. Disuruh memakai baju berwarna pinkpun pasti dia mau. Disuruh nunggu berjam-jampun dia mampu. Pacar yang siap mendaki bukit dan turunin lembah tak kalah dengan Ninja Hatori. Pacar yang penurut, baik hati dan menghangatkan. Oleh karena itu Pacarku Idolaku

Iklan

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

4 responses »

  1. […] Yanindra. Tapi aku nggak mau kayak AS, nanti jangan-jangan aku dikriminalisasi gara-gara merebut pacar orang. Seandainya saja orang yang memberantas korupsi kalau mati termasuk mati sahid dan nanti […]

  2. […] orang-orang yang patah hati tadi. Ngomong-ngomong patah hati, ternyata mbak-mbaknya itu sudah punya pacar, Yanindra. Namun hal itu nggak akan membuatku mengerahkan masa untuk berdemo. nrimo ing […]

  3. […] orang memiliki idola tersendiri, Yanindra. Mengidolai seseorang itu bisa dikarenakan banyak hal, bisa karena tampangnya, […]

  4. […] memahami dari sisi hitamnya saja, tapi tidak melihat dari sisi putihnya. Orang-orang menganggap pacaran itu tidak sesuai dengan syariat Islam. Kemudian mereka menginginkan pacaran yang sesuai dengan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s