Faktor Intern

soetomo pendiri budi utomoMunculnya pergerakan nasional di Indonesia (1908), disebabkan oleh dua faktor. Ada faktor dari dalam negeri (internal) dan faktor luar negeri (eksternal). Tetapi faktor dari dalam negeri lebih menentukan dibanding dengan faktor yang timbul dari luar negeri. Fungsi dan peranan faktor luar negeri hanya bersifat mempercepat proses timbulnya pergerakan nasional. Hal ini berarti bahwa sebenarnya tanpa adanya faktor dari luar, pergerakan nasional juga akan muncul, hanya waktunya agak terlambat. Disamping itu, bisa juga dalam bentuk lain:
Adapun faktor atau sebab-sebab dalam negeri (intern) ialah:

van de venterPolitik Etis yang dicetuskan oleh Van De Venter membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia. Politik etis yang menyentuh tiga ranah kehidupan, yaitu pembangunan sarana dan prasarana pertanian (irigasi), pembangunan kualitas penduduk (Pendidikan) dan pemerataan penduduk (Emigrasi) membawa sedikit oase di tengah keringnya penjajahan. Dalam hal ini khususnya adalah dalam bidang pendidikan. Pada hakikatny Belanda mendidik warga pribumi bukan bertujuan utama mencerdaskan bangsa Indonesia, melainkan untuk mendapatkan tenaga terdidik dengan gaji yang murah. Pada bidang pendidikan inilah yang kemudian memunculkan cendikiawan atau kaum terpelajar yang mempelopori pergerakan nasional Indonesia.

Penderitaan akibat penjajahan, bangsa Indonesia merasa senasib sepenanggungan, sama-sama dijajah Belanda. Jadi ini reaksi terhadap penjajah. Penderitaan ini pada akhirnya menimbulkan gerakan protes terhadap pemerintah kolonial Belanda, tindakan protes bisa dilakukan dengan cara melalui kekerasan dan mogok kerja. Kesatuan Indonesia dibawah Pax Neerlandica memberi jalan ke arah kesatuan bangsa. Persatuan beberapa daerah dalam kekuasaan Belanda mengakibatkan terjadinya koneksi antar wilayah. Pembangunan komunikasi antara pulau menyebabkan makin mudah dan makin sering bertemunya rakyat dari berbagai kepulauan.

Pembatasan penggunaan atau penyebaran bahasa Belanda dikalangan pribumi di satu pihak, dan penggunaan bahasa Melayu yang dipopulerkan di lain pihak menyebabkan bahasa yang berasal dari sekitar selat Malaka ini menjadi bahasa Indonesia, bahasa ini kemudian menjadi tali pengikat kesatuan bangsa yang ampuh.

Undang-undang desentralisasi 1903, yang diantaranya mengatur pembentukan kotapraja (gemeente atau haminte) dan dewan-dewan kotapraja memperkenalkan rakyat Indonesia akan tata cara demokrasi yang modern. Pergerakan kebangsaan Indonesia dapat juga disebut sebagai reaksi terhadap semangat kedaerahan, yang tidak menguntungkan bagi perjuangan kemerdekaan (semangat kemerdekaan membuat kita terpecah belah dan lemah).

gajahmadaInspirasi kejayaan Sriwijaya dan Majapahit. Kenangan kejayaan pada masa lalu membawa harapan besar kepada penduduk Indonesia untuk setidaknya mengulang kembali sejarah silam. Sriwijaya menjadi kerajaan maritim yang sangat kuat pada masanya, dan Majapahit mampu menguasai sebagian besar derah nusantara dan daerah-daerah sekitarnya dibawah pimpinan mahapatih Gajah Mada. Masa lalu membawakan inspirasi pada masa saat ini untuk mencoba mengulang kejayaan di masa lalu.

Itulah beberapa faktor intern yang mempengaruhi terjadinya pergerakan nasional. Dimana bangsa Indonesia memulai jalur perjuangan baru dengan melalui cara berorganisasi modern. Yang tidak bisa terlepas dengan munculnya kaum terpelajar baik itu pribumi maupun indo. Organisasi yang pertama muncul yaitu Boedi Oetemo yang kemudian diikuti organisasi-organisasi lainnya. Sifat organisasipun berbeda, ada yang kooperatif dan non kooperatif kepada pemerintah kolonial Belanda.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

One response »

  1. […] Para pemuda saat itu dipelopori oleh Sutomo mendirikan sebuah organisasi modern, yang bernama Budi Oetomo pada tanggal dua puluh mei sembilan belas kosong delapan. BO kemudian menginspirasi banyak pemuda […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s