CLBK (1)

pohon apelCinta lama bersemi kembali atau cinta lama belum kelar (CLBK) adalah suatu kondisi dimana sebuah perjalanan cinta yang lalu pernah berhenti berlanjut kembali. Jalinan kasih yang terhenti akibat besar ego masing-masing mulai tumbuh kembali setelah ego mulai menipis, mulai tersadar kalau ternyata saling membutuhkan. Adakalanya putus itu bukan kehendak bersama, melainkan kehendak satu pihak semata. Ketika pasanganmu gagal move on menandakan si dia masih ada rasa padamu, dan kalau kamu masih ada rasa padanya , mending lebih baik kalian CLBK-an aja.

Tapi yang dibahas di sini bukan itu, bukan cinta yang bisa membuat dinginnya air hujan berubah menjadi kehangatan, bukan cinta yang bisa menerangi saat gelap menghantui, bukan cinta yang mampu menegarkanmu kala lelah menghampirimu.

Cinta lama Belanda kelar

diponegoroIni berhubungan dengan kisah perjalanan hidup bangsa Indonesia dengan Belanda. Kisah yang dipaksakan oleh Belanda sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bangsa Indonesia sehingga melakukan berbagai pemberontakan. Kita masih mengingat ketika Belanda memaksakan diri untuk membuat jalan yang melintasi makan leluhur Pangeran Diponegoro yang mengakibatkan sang Pangeran melawan Belanda. Seperti itu, hubungan apabila dipaksakan kepada pasangan, sehingga membuat pasanganmu tidak nyaman, maka konseskuensinya akan terjadi banyak konflik. Namun kalau ada kepercayaan kepada sesama, maka konflik akan sedikit mampu direduksi. Lihat saja ketika Pak Joko menaikan harga bbm dengan drastis, yakni 2000, tidak banyak rakyat yang protes, karena disana ada kepercayaan rakyat pada pemerintah.

icoenja001p1Hubungan Indonesia dengan Belanda diawali dengan penjelajahan samudera yang dilakukan bangsa Belanda untuk mencari tempat penghasil rempah-rempah. Hal ini merupakan dampak dari kebijakan Spanyol yang menutup pelabuhan Lisabon bagi pedagang Belanda. Ekspedisi Belanda yang pertama kali tiba di tanah pertiwi terjadi pada tahun 1596 yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Tempat yang pertama kali disinggahi Belanda adalah Banten. Banten merupakan daerah penghasil lada saat itu. Belanda memaksakan monopoli perdagangan sehingga terjadi perlawanan dari rakyat Banten, nanti mencapai puncak perlawanan saat Banten dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa.

Hubungan Indonesia dan Belanda bukanlah hubungan saling menerima dan memberi, take and give, akan tetapi merupakan hubungan eksploitasi Belanda terhadap kekayaan alam Indonesia. Hubugan antara penjajah dengan yang dijajah. Kalau dalam istilah pelajaran ilmu alam ada namanya simbiosis parasitisme dimana dalam hal ini Belanda menjadi parasit bagi bangsa Indonesia. Lihat saja kebijakan contingenten stelsel hingga culturstelsel sangat merugikan bangsa Indonesia. Sehingga bangsa Indonesia mulai melakukan perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda. banyak perlawanan yang tidak bisa disebutkan semua, intinya mereka tidak menerima apa yang dipaksakan oleh Belanda.

Hubungan itu akhirnya kandas

serangan jepang ke peral harbourSetelah Jepang melakukan restorasi yang dipimpin Kaisar Meiji, Jepang mulai tumbuh dan berkembang menjadi negara yang kuat. Jepang dengan semangat hakko I chiu ikut serta dalam Perang Dunia II dengan langkah awal menyerbu pangkalan perang Amerika Serikat yang ada di Pearl Harbour (Hawai). Serangan secara tiba-tiba membuat Jepang mampu mengalahkan kekuatan militer Amerika. Kemudian Jepang melakukan berbagai serangan terhadap negara di kawasan Asia Timur Raya, Indonesia tidak luput dari serangan Jepang.

hitoshi_imamuraPada tanggal 8 Maret 1942, secara resmi Jepang mengusai Indonesia. Belanda mengalah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati, Subang (Jawa Barat). Jepang diwakili oleh Imamura sedangkan Belanda diwakili oleh Jenderal Ter Poorten. Semenjak itu, hubungan Belanda dengan Indonesia terputus, Indonesia memasuki zaman pendudukan Jepang (1942-1945). Zaman yang katanya membawa perubahan besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Zaman yang nanti pada akhirnya berujung dengan proklamasi dari Bung Karno dan Bung Hatta.

Mereka datang lagi

hirosimaSetelah kekalahan di Laut Karang, posisi Jepang mulai tertekan. Puncaknya setelah dua kota industri di Jepang di bom atom, yakni Hirosima dan Nagasaki. Jepang akhirnya menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 dan dipaksa menandatangani Perjanjian San Fransisco yang dilakukan di kapal Missouri. Salah satu hasil perjanjian wilayah yang diduduki Jepang pada PD II harus dikembalikan kepada pemilik semula. Sehingga Indonesia harus dikembalikan Jepang kepada Belanda.

Sekutu sebagai pemenang perang kemudian membentuk AFNEI yang bertugas antara lain menangkap dan mengadili penjahat perang, memulihkan keamanan dan ketertiban, memulangkan tentara Jepang, melucuti senjata tentara Jepang. AFNEI dipimpin oleh Sir Philip Christison. Tugas yang mulia itu dinodai oleh adanya NICA yang membonceng Sekutu. NICA ingin kembali menjajah Indonesia. Indonesia yang sudah menyatakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak tinggal diam. Bangsa Indonesia sudah trauma dengan penjajahan sehingga berjuang agar tidak terjajah kembali.

bersambug…

Iklan

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

2 responses »

  1. […] nggak ketemu kamu Yanindra, lama sekali. Mungkin tidak sedramatis cerita negeri kita yang katanya dijajah selama tiga ratus lima puluh tahun, tapi rasanya sudah luama aku nggak melihatmu Yanindra. Tapi […]

  2. […] balasan dari manusia melainkan semata guna mendapatkan ridho dari Tuhan, yang maha kaya. Penjajah saja tahu bagaimana balas budi, kenapa kita sebagai manusia yang bebas tidak bisa membalas budi, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s