kayu jatiSaat itu hujan begitu lebatnya, hingga terasa sakit dikulit Yanindra. Aku baru perjalanan pulang kuliah, ku lihat kau dan dia sedang berteduh warung tempat menjual kerajinan dari jati. Kalian nampak malu-malu berdiri bersebelahan. Udara dingin yang menerpa apa itu yang membuat sikap kalian berdua seperti itu. Aku tidak ingin menganggu kalian, jadi aku hanya melirik terus sambil melanjutkan perjalanan. Ku lihat dari jauh kau dan dia masih nampak canggung di antara benda mati, kerajinan kulit jati.

Kayu jati atau kata temanku bahasa latinnya Tactoe Grandis adanya hanya di Jawa lho Yanindra. oleh karena itu ada desas-desus bahwa Nabi Nuh itu berasal dari Jawa. Hal ini disebabkan oleh katanya penemuan bahtera yang digunakan Nabi Nuh saat terjadi bencana banjir besar. Setelah diselidiki, kapal yang diduga bahtera nabi nuh itu terbuat dari kayu jati, oleh karena itu ada spekulasi bahwa Nabi Nuh berasal dari Jawa. Negara kita sering membuat desas-desus yang kadang menggelitik telinga para pendengarnya Yanindra. Tidak lama ini ada sebuah penelitian oleh seseorang yang menyatakan bahwa Candi Borobudur itu peninggalan Islam, yaitu peninggalan Nabi Sulaiman. Nah bapak peneliti itu mengatakan bahwa Nabi Sulaiman berasal dari Jawa. Hebat kan Yanindra??? alasannya simpel Yanindra, kata “su” untuk penamaan orang itu terkenal dari Jawa.

Kayu jati oleh penduduk di sekitar tempat tinggalku dijadikan bahan dalam pembuatan rumah Yanindra. Ada beberapa rumah yang tiang, dinding hingga alasnya berbahan jati. Kayu jati tahan lama Yanindra, buktinya rumahku sampai saat ini masih kokoh berdiri semantara aku sudah mulai lemas untuk berdiri karena hujan yang begitu lebat ini. Rasanya dingin Yanindra, mantol yang ku gunakan ini tidak mampu menghangatkanku. Kalau ku lihat sekilas dari wajahmu, kau bahagia Yanindra, karena dia mengantarmu untuk pulang.

Kata-kata jati itu sangat akrab di telinga para sejarawan Yanindra. kamu pernah dengar kata-kaya yang ada kata “jati”. Betul Yanindra, beliau itu termasuk anggota walisongo. Nama lainnya kalau nggak salah Syarif Hidayatullah. Orang-orang sampai saat ini masih memperdebatkan apakah Fatahillah dengan Sunan Gunung Jati itu sama apa tidak bagiku tidak penting Yanindra. Ada cerita yang mengatakan bahwa Sunan Gunung Jati menikah dengan putri dari Cina. Sunan Gunung Jati merupakan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di sekitar Jawa Barat Yanindra. itu merupakan satu-satunya anggota walisongo yang belum ku kunjungi. Hussss aku berkunjung bukan untuk ngalab berkah Yanindra, tapi itu tugas dari kampus.

Kata “jati” juga merupakan nama tempat sekaligus nama perjanjian yang pernah dilakukan oleh leluhur bangsa ini Yanindra. Ada perjanjian Kalijati dan ada Perjanjian Linggarjati, meskipun dengan nama yang ada kata “jati”, dua perjanjian itu berbeda Yanindra. Perjanjian yang pertama adalah perjanjian antara Belanda dengan Jepang, sedangkan perjanjian yang kedua merupakan perjajian antara bangsa kita dengan Belanda dalam rangka mempertahankan kemerdekaan.

Perjanjian Kalijati itu perjanjian yang berisi penyerahan Belanda atas wilayah Hindia Belanda kepada Jepang di suatu wilayah yang bernama Kalijati daerah Subang Jawa Barat. Pada tanggal  8 Maret 1942 secara resmi, tanah air kita diberikan Belanda kepada Jepang hasil tanda tangan antara Jenderal Ter Poorten yang mewakili Belanda dengan Jenderal Hidetoshi Imamura yang merupakan wakil dari Jepang. Semenjak itu negara kita dijajah oleh Jepang Yanindra.

Kalau yang Linggarjati???

Nggak usah penasaran seperti itu Yanindra, seharusnya kau menikmati suasana berdua dengan dia. Minimal pegangan tangan deh kalau memang nggak berani berpelukan untuk melepas dinginnya tetesan air hujan. Tumpukan kerajinan kayu jati nggak akan cemburu kok. Menurutku kalau cuman pegangan tangan itu nggak mesum Yanindra, biasa aja. Tapi banyak orang yang menolak bersalaman dengan lawan jenis Yanindra, katanya itu aturan agama.

Seperti yang ku katakan tadi Yanindra, merupakan perjajian antara bangsa kita dengan Belanda dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. Linggarjati itu letaknya juga di Jawa Barat Yanindra, mungkina da hubungannya dengan Sunan Gunung Jati. Perjanjian itu merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan yang dilakukan oleh bangsa kita. Wakil Indonesia saat itu dipimpin oleh Sutan Syahrir sedangkan perwakilan Belanda dipimpin oleh Schermerhorn. Ada yang bilang perjanjian itu saat merugikan dan ada juga yang bilang menguntungkan Yanindra. Wilayah negara kita semakin sempit tinggal Jawa, Sumatera dan Madura, akan tetapi secara internasional negara kita mulai diakui Yanindra.

Pohon jati itu juga terkenal saat kemarau meranggas lho Yanindra. Iya meranggas alias menggugurkan daunya untuk mengurangi penguapan air. Tapi tenang saja Yanindra, nanti saat musim hujan daunnya lebat lagi kok. Dibalik kesusahan terdapat kemudahan Yanindra, itu janji Tuhan kepada umat manusia.

Tapi sampai saat ini kok kamu belum mengaku kepadaku. Sebenarnya kalian itu sudah jadian apa belum Yanindra????????? Ya semoga kalau kalian sudah jadian nanti hubungannya awet seperti kayu jati yang dari tadi menjadi saksi kalian berdiri bersebelahan.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

2 responses »

  1. […] Seperti meja pada umumnya berkaki empat, tapi ini bagian atasnya berbentuk bundar terbuat dari kayu jati, mungkin ini meja yang digunakan untuk konferensi meja bundar antara Indonesia dan Belanda. Meja […]

  2. […] hari kemarin saat aku sedang duduk-duduk di sebuah meja yang terbuat dari kayu jati berbentuk bundar, aku ditemani seorang perempuan. Kadang aku juga kurang tau apa yang membedakan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s