menara pisaSudah lama aku nggak ketemu kamu Yanindra, lama sekali. Mungkin tidak sedramatis cerita negeri kita yang katanya dijajah selama tiga ratus lima puluh tahun, tapi rasanya sudah luama aku nggak melihatmu Yanindra. Tapi juga tidak sebentar saat Nabi melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke langit ketujuh yang hanya memakan waktu satu malam. Aku terakhir kali melihatmu tanggal 13 februari yaitu sehari sebelum hari valentin di mana kamu dan Dia sedang jalan bersama.

Masjidil Aqsa itu terletak di Jarusalem Yanindra, yang mana dulu pernah dibakar oleh orang-orang Yanudi yang mengakibatkan negara-negara Islam membentuk Organisasi Konferensi Islam (OKI). Konflik antara Israel dan Palestina itu sulit sekali untuk ditemukan jalan keluarnya Yanindra. Konflik itu dimulai dengan adanya Balfour Declaration yang menyebutkan tanah Jarusalem dan sekitarnya menjadi nation home buat bangsa Yanudi. Mungkin masalah aku yang lama tidak ketemu kamu itu solusinya mudah, kita tinggal janjian dan ketemuan. Tapi kamu harus izin dulu dengan Dia, Yanindra.

Aku juga sudah lama tidak melihat Pak Habibie, Yanindra. Presiden ketiga republic ini saat terkenal di dunia udara. Pak Habibie selain terkenal kisah romantisnya dengan Ibu Ainun, juga terkenal sebagai seorang jenius yang berhasil membuat pesawat terbang. Pak Habibie merupakan salah satu tokoh negeri ini yang namanya sudah terkenal di dunia luar. Salah satu mantan presiden yang jarang aku lihat itu ya cuman pak Habibie, Yanindra. maksudnya presiden yang masih hidup lho Yanindra.

Kalau pak Bambang yang pernah menjadi presiden di Indonesia selama dua periode aku masih sering melihat Yanindra, meskipun hanya melalui tweet-tweetnya di dunia maya. Pak Bambang adalah presiden pertama di Indonesia yang dipilih secara langsung pada tahun 2004. Kepopuleran pak Bambang dipengaruhi oleh konfliknya dengan Mbak Mega. Pak Bambang itu juga pinter nyanyi dan maen volley Yanindra.

Aku malah sering sekali melihat Mbak Mega Yanindra. Itu lho satu-satunya presiden wanita yang menggantikan Gus Dur. Saat itu Gus Dur dengan gagah berani mengemukakan dekrit pada tanggal 23 juli 2001 yang isinya membekukan MPR dan DPR, mengembalikan kedaulatan ke tangan rakyat dan mengambil tindakan serta menyusun badan yang diperlukan untuk menyelenggarakan pemilihan umum dalam waktu satu tahun, dan menyelamatkan gerakan reformasi total dari tambahan unsur-unsur Orde Baru dengan membekukan partai Golkar sambil menunggu keputusan mahkamah agung.

Sayang seribu sayang Yanindra, Gus Dur berbeda dengan Bung Karno. Dekrit presiden yang dikemukakan Bung Karno pada tanggal 5 Juli ampuh dan dipatuhi oleh semua kelompok Yanindra, sedangkan dekrit yang dibuat oleh Gus Dur gagal dan dianggap melanggar haluan negara sehingga didasarkan Tap MPR No. III/MPR/2001, Gus Dur digantikan wakilnya, Mbak Mega.

Aku sering melihat mbak Mega Yanindra, meski beliau kini tidak lagi menjadi presiden. Dua kali mbak Mega mencalonkan diri menjadi presiden akan tetapi gagal Yanindra. dukungan yang beliau dapatkan masih kalah dengan suara pak Bambang. Tapi akhir-akhir ini Mbak Mega menjadi sorotan public Yanindra. Pak Joko sering sekali ke rumah beliau sehingga ada yang bilang Pak Joko presiden boneka yang dibikin oleh mbak Mega. Ya kalau menurutku biasa saja kalua Pak Joko berkunjung ke rumah mbak Mega. Mungkin pak Joko juga kangen seperti aku yang kangen sama kamu Yanindra.

Kemarin kelihatannya aku melihat kamu Yanindra. dari belakang itu sangat kamu banget. Aku yakin itu kamu, dari bentuk tubuhmu, dari jaket yang kamu gunakan, dari sepeda motor hingga bau minyak wangimu yang sangat khas itu membuat aku yakin kalau itu kamu. Tapi aku nggak berani menyapamu, aku pemalu Yanindra. Kamu tau nggak Yanindra, kenapa pak Joko ke rumah ibu Mega??? Apa murni kangen semata?

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

2 responses »

  1. […] mirip sekali dengan kamu Yanindra. Kapan-kapan kita ke papua saja Yanindra. Selain untuk melepas kangenku padamu, juga untuk mengetahui bagaimana kabar gunung emas yang ada dibumi cendrawasih […]

  2. […] senyummu Yanindra. Sudah lama kita nggak berjumpa, lama sekali. Seingatku kita bertemu diacara temu kangen yang diprakarsai oleh Kemendagri. Sayangnya pada acara itu berujung dengan saling tunjuk dan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s