Wueh Yanindra

kelapaTadi siang aku sangat kegat luar biasa, tiada hujan tiada mendung, kok siang-siang ada petir menyambar. Sempat ku gosok-gosok mataku seakan aku tak percaya apa yang aku lihat siang itu. Orang banyak lalu lalang tapi pandanganku terfokus di tempat duduk di seberang jalan itu. Nampak ada sepasang manusia berjalan berdua. Yang lelaki memakai baju olahraga dengan celana panjang, dan yang wanita memakai kaos, jelana jeans dan membawa tas. Aku masih tidak percaya Yanindra apa dengan yang aku lihat, aku masih tidak percaya apa gara-gara aku terlalu banyak minum kopi sehingga pandanganku menjadi kabur, apa aku sedang mabuk?? Tapi kelihatannya tidak Yanindra, hari ini aku belum sama sekali minum es degan, es yang bisa membuat tubuhku menjadi panas.

Itu kamu dan Dia Yanindra????????

Aku masih tidak percaya itu kamu dan Dia Yanindra. Mungkin itu orang yang sama antara kamu dan Dia. Aku seakan yakin kalau itu bukan kamu dan Dia, Yanindra. Tapi pada akhirnya keyakinanku runtuh pula, benar itu ternyata kamu dan Dia. Sempat aku suruh temanku untuk mencubit pipiku, jangan-jangan aku sedang bermimpi. Benar Yanindra, mataku nggak pernah salah, mataku benar, yang kulihat memang itu kamu dan Dia. Kalian berjalan berdua, ini baru pertama kali aku melihat kalian berdua jalan bersama. Sungguh pemandangan yang langka yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Selama ini aku melihat hubungan antara kalian berdua dengan menggunakan mata batin, hari ini baru aku lihat secara langsung kamu bersama Dia.

Kamu dan dia berjalan tidak terlalu jauh kok Yanindra, hanya dari tempat parkiran sampai lapangan futsal itu. Perjalananmu tidak sejauh perjalanan yang dilakukan oleh Mao Zedong dengan pengikutnya yang beraliran komunis yang melarikan diri dari serangan kaum nasionalis. Perjalanan jauh itu sering disebut long march. Kamu tau apa nggak Yanindra seberapa jauh jarak yang harus ditempuh Mao beserta pengikutnya??? Tebak saja Yanindra, salah tidak apa-apa. Wuah jawabanmu hampir tepat Yanindra, tapi masih kurang tepat. Jarak yang ditempuh Mao dan pengikutnya adalah 9.000 km dengan jalan kaki dan ada beberapa yang menaiki kuda.

9.000 km??? mesti kamu tidak percaya Yanindra. Tapi dalam catatan buku sejarah seperti itu kok, perjalanannya dari kota Kiangsi ke Yenan membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Atau jauh sebelumnya, perjalanan hebar pernah terjadi, saat bangsa Israel harus melakukan perjalanan jauh dikarenakan kehidupan mereka di Mesir mulai tidak nyaman lagi, setelah Firaun memburu dan membunuh mereka.

Tumben kamu mau berjalan dengan Dia Yanindra

Aku benar-benar kaget Yanindra. Mungkin sekaget Hayam Wuruk ketika mendengar bahwa rombongan calon istrinya, Dyah Pitaloka, dari kerajaan Pajajaran mati dibunuh oleh Gajah Mada. Atau bahkan mungkin aku lebih kaget dibandingkan melihat terbunuhnya Ken Arok akibat keris Empu Gandring, dan katanya yang membunuh adalah anak tirinya sendiri, Anusapati. Aku benar-benar kaget Yanindra.

Ada gerangan apa yang membuatmu berani berjalan di sampingnya???

Aku nggak mau berprasangka buruk terhadap Dia, Yanindra. Tapi pikiran itu tiba-tiba ada begitu saja. Hal besar apa yang bisa meluluhkan mu untuk mau bersamanya Yanindra. Dia itu hanya lelaki biasa saja lho, kamu nanti menyesal mau berjalannya. Apa Dia melakukan cara licik seperti yang dilakukan oleh Joko Tarub yang mencuri selendang bidadari yang sedang mandi di sendang?? Tapi kan, walau kamu cantik, tapi kamu bukan bidadari yang bersayap ya Yanindra.

Apa melakukan apa yang dilakukan oleh Penembahan Senopati yang topo ngeli untuk mewujudkan cita-citanya. Aku tahun Yanindra, kamu saat ini menjadi cita-cita bagi Dia. Kembali ke Danang Sutowijoyo, nama lain dari Penembahan Senopati, melakukan pertapaan yang sangat hebat sehingga membuat laut di Pantai Selatan Jawa air menjadi mendidih, ikan-ikan banyak yang mati, yang membuat resah penghuni laut. Kalau dalam karya sastra digambarkan datanglah sebuah prahara, angin bercampur hujan, pohon-pohon roboh, gelombang laut tinggi segunung suaranya mengerikan air laut mendidih-panas seperti wedang. Termasuk dalam hal ini Ratu Pantai Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul pada akhirnya keluar dari istananya, melihat yang bertapa adalah seorang lelaki tampan membuat Dia jatuh hati padanya, dan siap untuk membantunya dengan syarat harus menjadi suaminya.

Apa sekarang kamu sudah jatuh hati padanya Yanindra???

Tidak usah berbohong Yanindra, dari matamu nampak kok kalau kamu mulai tertarik dengan anak muda itu. Anak muda yang memujamu lebih dari dirimu sendiri. Kamu mulai tertarik dengan upanya untuk merebut perhatian hatimu. Aku mulai tahu Yanindra, kalau kamu juga mencintai Dia, aku tahu itu. Tidak usah khawatir Yanindra, aku yakin Dia juga tahu kok kalau kamu mau membalas cintanya. Dia itu peka, meski nampak tidak peka. Dia itu pemikir meski nampak sok cuek.

Tapi ngomong-ngomong, es kelapa itu banyak manfaatnya lho Yanindra. Selain membuat kulit menjadi segar, air kelapa itu juga bisa melancarkan haid bagi wanita. Air kelapa juga bisa membunuh racun dalam tubuh. Saumpama dengan es kelapa dapat membunuh tabiat jahat orang-orang, maka seorang pejabat yang mau diangkat harus diwajibkan minum air kelapa.

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan Balasan

