pemudaTertulis jelas dalam kisah masa lampau republik ini, betapa besar perjuangan pemuda kita untuk menegakkan Negara tercinta. Banyak golongan muda menjadi pelopor pergerakan nasional khususnya cendikiawan muda yang berhasil mewarnai percaturan politik pada saat itu. Dari zaman colonial, orde lama, orde baru hingga orde paling baru, nampak jelas bagaimana peranan para pemuda Indonesia. Sumbangsih yang besar dari para pejuang muda akan dikenang sepanjang masa. Dan akan selalu menginspirasi generasi masa mendatang untuk menjadi generasi muda yang berguna bagi negara.

Zaman telah jauh berbeda. Zaman globalisasi yang datang membawa sejuta perubahan membuat tenggelam kaum muda. Dunia modern yang datang tanpa mengalami filter mengakibatkan kaum muda tidak berdaya. Para pemuda sudah lupa dengan negerinya. Kaum muda hanya berdiri dibelakang bayang-bayang tua. Para pemuda hanya sibuk bercinta. Dan para pemuda hanya sibuk berhura-hura. “Yang muda yang bercinta” membuat lupa pemuda untuk berkarya. Para golongan tua hendaknya memberi jalan bagi yang muda untuk memncarkan sinarnya untuk menerangi Indonesia jauh dari kegelapan. Sudah terbukti disejarah Indonesia, bagaimana hebatnya aksi pemuda untuk membangun bangsa kita. Gerakan revolusioner sering nampak jelas peranan para pemuda. Sudah saatnya para pemuda bangkit membangun negeri yang sedang sakit.

Golongan tua sudah renta, tidak punya tenaga hasrat membangun negeri mulai tiada. Saatnya beri kesempatan untuk pemuda menunjukan perubahan menuju Indonesia esok yang lebih baik dari yang dulu. Zaman dulu pemuda hanya sebagai pendobrak setelah berhasil mendobrak keadaan pemuda mulai tertidur dan tersingkirkan. Pucuk-pucuk tertinggi selalu diisi yang tua yang sudah tidak mengetahu kondisi Negara. Zaman sudah berbeda, pola pikir orang tua sudah tidak cocok untuk menghadapi kondisi zaman pada saat ini. Pemuda yang bekarya, yang tua menguatkan dan menyokong dari belakang. Pemuda terkadang juga mengalami problematika dimana pola pikir belum stabil dan masih labil. Golongan tua harus mampu membimbing yang muda tanpa harus menjerumuskan mereka. Perubahan sangat diperlukan agar hari esok lebih baik dari saat ini. Masa depan cemerlang siap kita genggam. Masa depan indah kita raih dengan mudah. Saatnya pemuda membangun Indonesia raya yang jaya..

About donipengalaman9

ingin seperti matahari bagi insan-insan yang terlena dalam gelapnya kebodohan

Tinggalkan komentar